Rabu, 03 April 2013

Konsumen

1. Apa yang dimaksud perilaku konsumen?

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Konsumen biasanya akan cenderung berpikir 2 kali untuk melakukan tindakan pembelian untuk hasil yang tepat.

Perilaku Konsumen sebelum membeli.

2. Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industri?

Sebab perusahaan akan berpikir bahwa konsumen sekarang lebih pintar. Dia tahu mana yang akan dia pilih. Bahkan ada konsumen yang melakukan analisis terhadap barang yang akan dia beli. Misalnya, Rudi ingin membeli sebuah Mobil dengan budget sekitar Rp. 400.000.000.00,- . Ia akan lebih sensitif akan akal pirikrannya, dan ia berpikir bahwa ia tidak boleh salah langkah dalam hal pemilihan merk mobil yang akan dia beli. Dimulai dari perbandingan mesin hingga kenyamanan.

3. Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam analisa perilaku konsumen?

Konsumen akan lebih mencari informasi lebih dalam barang yang akan dia miliki. Mulai mencari informasi, perbandingan positif negatif, hingga kualitas jangka panjang barang. Untuk hal termudah yang dapat dilakukan konsumen adalah dengan mencari tahu informasi lewat internet, sebab jendela dunia ada dimana-mana saat ini. Dan konsumen akan lebih mudah untuk mencari hal yang dia inginkan.


4. Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen?

Ada 4 faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen :
A. Motivasi
Suatu dorongan emosi untuk melakukan tujuan yang dia maksud.

B. Persepsi
Hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.

C. Pembentukan Sikap
Penilaian yang ada dalam diri seseorang yang menentukan suka atau tidak sukanya seseorang.

D. Integrasi
Kesatuan antara sikap dan tindakan.

5. Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen?

Konsumen akan tetap berperilaku seperti demikian dan tidak akan berubah. Ketelitian yang tinggi dalam memilih barang adalah harga mati bagi konsumen. Perusahaan mau tidak mau harus lebih meningkatkan kualitas produk mereka demi memuaskan konsumen dan menjadi raja di bursa penjualan.


Nama : Pilano Arienday
NPM : 15111530
Kelas : 2KA38

Tidak ada komentar:

Posting Komentar